Senin, 17 Oktober 2011

INFORMATIKA (tullisan bebas)

TENTANG INFORMATIKA

Informatika (Inggris: Informatics) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer.
Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.
Dalam ruang lingkup yang lebih luas, informatika meliputi beberapa aspek:
teori informasi yang mempelajari konsep matematis dari suatu informasi
ilmu informasi yang mempelajari tentang cara pengumpulan, klasifikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh
ilmu komputer dan teknik komputer yang mempelajari tentang pemrosesan, pengarsipan, dan penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan alat lain yang berbasis komputer.
sistem informasi yang mempelajari mengenai teknik pengembangan suatu sistem untuk mengolah berbagai macam informasi yang ada.





SEJARAH INFORMATIKA
a. Masa (….s/d 3000 SM)
Pada awalnya teknologi informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang meraka kenal. Mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada dilingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding gua tempa.t mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini.
Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti kendang ,terompet yang terbuat dari tanduk binatang, atau isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.

b. Masa Sejarah(3000 SM s/d 1400 –an M)
Pada masa tersebut teknologi informasi belum menjadi teknologi masal seperti yang kalian kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan terbatas saja, digunakan pada saat-saat khusus dan biaya yang dikeluarkan banyak.

c. Masa 3000 SM
Untuk pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan symbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf.
Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga mampu menjadi kata , kalimat dan bahasa.

d. Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
1)2900 SM
Pengunaan huruf hierogliph pada bangsa Mesir kuno. Hierogliph merupakan bahasa symbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh symbol yang berbeda.Ketika digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa heirogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.

2) 500 SM
Serat papyrus digunakan sebagai kertas. Kertas terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar Sungai Nil ini menjadi media menulis atau media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai menia informasi.
3) 105 M
Bangsa Cina menemukan kertas.Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kalian kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci, kemudian diratakan dan di keringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kalian kenal sekarang dengan sistem cap.

PENERBIT INFORMATIKA
Penerbit informatika adalah salah satu penerbit yang fokus menerbitkan buku-buku berkaitan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi informasi. Penerbit yang beralamat di Pemasaran Penerbit Informatika Bandung, Pasar Buku Palasari No. 82, Tlp. (+6222) 7317812, Fax. (+6222) 7317896, Email: pemasan@penerbit-informatika.com, telah menerbitkan beragam topik berhubungan dengan teknologi informasi.
Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi informasi, masyarakat membutuhkan buku-buku yang dapat membantu mereka mempelajari perkembangan teknologi informasi dengan cepat, mudah, dan murah. Penerbit Informatika dengan jeli melihat peluang pemasaran bagi buku-buku yang berhubungan dengan bagaimana mempelajari setiap item mengenai perkembangan ilmu teknologi informasi.
Penerbit Informatika mengajak beberapa penulis yang sangat berkompeten di bidangnya untuk menuangkan sedikit ilmu mereka dalam bentuk tulisan. Tulisannya mengulas suatu program yang mungkin agak awam bagi kebanyakan orang. Gaya penulisannya dibuat sesederhana mungkin dan dilengkapi studi kasus yang akan mempermudah pembaca mempelajarinya walaupun dengan metodebelajar sendiri tanpa pembimbing sama sekali.
Intinya, buku tersebut dibuat sejelas seorang pembimbing menyampaikan keterangannya di depan kelas. Harga yang dipatok untuk setiap bukunya mulai Rp25.000,00. Cukup murah untuk sebuahbuku yang penuh dengan ilmu bermanfaat.



Kategori Buku-Buku Terbitan Penerbit Informatika
1. Basis Data
Kategori yang ada, misalnya:
a. Access
Contoh buku: Membuat Database dengan Microsoft Access (Edisi Revisi).
Sebuah buku yang membahas bagaimana belajar membuat databasemenggunakan Microsoft Access. Buku ini dilengkapi dengan contoh-contoh studi kasus yang dimaksudkan untuk mempermudah para pemula mempelajari bahan ajar.
b. MySql
Contoh buku: SQL Tutorial Plus Studi Kasus dengan Oracle.
Buku ini membahas penggunaan SQL dengan Sybase dan Oracle.
c. Oracle
Contoh buku: Menguasai Oracle SQL dan PL/SQL.
Sebuah buku yang membahas secara komprehensif dan dari hal yang sangat mendasar mengenai bagaimana menguasai Oracle SQL dan PL/SQL.

2. Buku Teks Komputer
Kategori yang ada, misalnya Algoritma dan Pemprograman, Analisisdan Perancangan, Artificial Intelligence, Pengantar Informatika, Sistem Informasi, dan Struktur Data.
3. Computer Electric
Kategori yang ada, misalnya Microcontloler.
4. Desain Grafis
Kategori yang ada, misalnya 3D Studio & Animation, CorelDraw, Flash, Pemprograman CAD, dan Photoshop.







 www.google.co.id/url?sa=t&source=web&cd=1&ved=0CCAQFjAA&url=http://id.wikipedia.org/wiki/Informatika&ei=RZGaTuruOKmhiAePjKmsAg&usg=AFQjCNGARAWkinOZVXZRIaIou2KC-8I0ZA
 www.anneahira.com/penerbit-informatika.htm

Tidak ada komentar: